Thursday, February 12, 2009

Musik tradisional Indonesia

Musik tradisional adalah musik yang lahir dari tradisi budaya daerah atau suatu tempat secara turun-menurun। Musik ini adalah bagian dari budaya suatu Negara yang tentunya mempunyai ciri khas tersendiri diantara musik tradisional dari negara-negara lain. Ini bisa dijadikan aset negara dibidang parawisata sehingga bisa menambah devisa negara selain. Namun karena kemajuan zaman perkembangan musik tradisional mengalami perubahan berikut pendapat siswa-siswa kelas X TSP SMKN 2 Palembang tentang musik tradisional .


ANGGOTA :

  1. Mulyadi
  2. M. Satria Saputra
  3. M. Hatta
  4. Dodi Oktariansyah
  5. Edo Noprawira
  6. Hidayat Mustofa अली


Musik tradisional Indonesia kurang diperhatikan masyarakat saat ini. Remaja pun kurang mengenal musik ini karena perkembangan musik Indonesia telah dikuasai oleh musik luar, seperti, pop, rock, jazz, RnB dan lain-lain.

Seharusnya musik tradisional Indonesia juga harus diperhatikan oleh pemerintah dan mayarakat agar tidak punah. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempertahankan dan mengembangkan lagi musik tradisional Indonesia, antara lain dengan menyiarkan acara musik tradisional di televisi, radio, pergelaran seni dan lain sebagainya.



ANGGOTA :

  1. Billy Mayudi
  2. Feri. O
  3. Abdul Rahman
  4. Dodi
  5. Andika
  6. Zulkarnain
  7. M. Adios


Perkembangan musik tradisional Indonesia menurun saat ini, sangat berbeda pada saat sebelum banyak masuknta musik-musik asing di Indonesia. Itu dikarnakan banyaknya permainan dan penampilan musik modern yang lebih spektakuler pada suara, lagu, dan nada pun berbeda dari musik tradisional.

Namun masalah ini dapat kita tanggulangi dengan cara mengadakan pameran alat-alat musik tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mengadakan lomba menyanyi lagu daerah, memainkan alat musik tradisional di sekolah, sehingga anak-nanak bisa mengembangkan kreatifitasnya dan melestarikan musik tradisional Indonesia karena mereka adalah generasi muda penerus bangsa.



ANGGOTA :

  1. A. firdaus
  2. Hartamansyah
  3. Ibrahim
  4. Kms. Ridho. F
  5. M. Reza. V
  6. Satria Yudhana
  7. Wahyu Wijaya


Menurut kami musik tradisional Indonesia sudah tidak disukai lagi bahkan ada yang hampir hilang karena banyak masyarakat Indonesia lebih menyukai musik modern, ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka tentang musik tradisional.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan musik tradisional Indonesia adalah:

  1. Mengadakan pergelaran musik tradisional di berbagai tempat, seperti di sekolah, mall atau di tempat-tempat parawisata
  2. Para orang tua mengenalkan musik tradisional kepada anak-anak mereka
  3. Mengadakan perlombaan nyanyi lagu daerah
  4. Menggabungkan musik tradisional dengan musik modern agar dapat menarik dan digemari masyarakat.



ANGGOTA :

  1. A. Syafrizal
  2. Febriansah. K
  3. Muklisin
  4. Helmi Gufta
  5. Mihas Agung
  6. M. Aprizal


Musik tradisional Indonesia sangat memprihatinkan karena masyarakat Indonesia lebih menyukai musik luar atau musik modern daripada musik tradisional. Ada beberapa hal yang menyebabkan musik tradisional Indonesia kurang diminati, antara lain jarang diadakan pergelaran musik tradisional, instrument musik masih sederhana, kurangnya peran serta media seperti televise sehingga musik tradisional kurang akrab dengan masyarakat.

Agar musik ini dapat berkembang baik, sebaiknya diadakan kolaborasi antara musik modern dengan musik tradisional. Saatnya kita sebagai anak bangsa atau generasi penerus bangsa Indonesia memperhatikan musik tradisional Indonesia.



ANGGOTA :

    1. Chandra Adin
    2. Dwi Wahyudi
    3. Fari Fatan Gubais
    4. Febri Nopriansyah
    5. M.A. Rokhim
    6. Nopaliansyah
    7. Rafika Agustiawan


Musik tradisional Indonesia kini telah menurun karena sekarang banyak bermunculan musik modern yang menggunakan instrument musik teknik dan teknologi yang lebih canggih dan musik tradisional dipentaskan hanya pada acara adat.

Musik tradisional harus dikembangkan dan disosialisasikan lagi kepada masyarakat dengan tetap mempertahankan kesederhanaannya yang akan menjadi karakteristiknya.

No comments:

Post a Comment

silahkan masukkan komentar anda